Close

Selain ke Cilacap Pj Bupati Lebak Belajar Pengelolaan Sampah ke Banyumas

Selain ke Cilacap Pj Bupati Lebak Belajar Pengelolaan Sampah ke Banyumas

LEBAK – Penjabat Bupati Lebak mengatakan selain ke Cilacap Pemerintah Kabupaten Lebak (Pemkab Lebak) belajar pengelolaan sampah ke Kabupaten Banyumas, Provinsi Jawa Tengah.

Iwan mengatakan bahwa persoalan sampah harus ditangani dengan baik, dari mulai pemilahan sampai pengelolaan agar dapat memberikan kebermanfaatan kepada warga masyarakat dan lingkungan yang bersih.

“Persoalan sampah perlu ditangani dengan serius, menimbang kondisi di tempat pengelolaan sampah akhir(TPSA) Dengung, Kecamatan Maja yang semakin hari, semakin menumpuk. Tentunya hal ini menjadi salah satu tantangan besar di Pemkab Lebak yang harus dicarikan solusinya dalam upaya menciptakan pengelolaan sampah yang komprehensif,”katanya.

Dalam pengelolaan dan penyelesaian persoalan sampah diperlukan kerjasama yang baik antar semua unsur serta membutuhkan komitmen bersama, sehingga segala tujuan yang telah direncanakan dapat terealisasi dengan baik.

Iwan mencontohkan seperti di kabupaten Banyumas Pembuangan Sementara (TPS) yang mulanya hanya sebagai tempat pengumpulan sampah sementara, kini difungsikan sebagai tempat pengolahan sampah dan disediakan hanggar Pusat Daur Ulang (PDU).

Hasilnya, sampah-sampah kian menyusut dan kini sudah tercipta ekonomi sirkular di tengah masyarakat Banyumas. Lewat Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) sampah mula-mula dipilah, lalu diolah menjadi paving, atap, bata, biji plastik, pakan maggot, dan pupuk kompos. (Cus/Red))

scroll to top