Close

Bupati Lebak Bikin Data Center, Bukti Pemkab Lebak Tak Gaptek

Kehadiran Pusat Data atau Data Center di Pemerintah Kabupaten Lebak diapresiasi berbagai elemen. Menurut mereka Pemkab Lebak mampu tampil adaptif dalam menghadapi perkembangan teknologi. Pasalnya, pesatnya perkembangan teknologi dan informasi turut berpengaruh terhadap perkembangan peradaban.

TOPTIME.CO.ID, LEBAK – Kehadiran Pusat Data atau Data Center di Pemerintah Kabupaten Lebak diapresiasi berbagai elemen. Menurut mereka Pemkab Lebak mampu tampil adaptif dalam menghadapi perkembangan teknologi. Pasalnya, pesatnya perkembangan teknologi dan informasi turut berpengaruh terhadap perkembangan peradaban.

Direktur Forum Kajian Desa Membangun (FKDM) Ahmad Taufiq menilai, terobosan Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membangun Pusat Data di Pemkab Lebak sebuah langkah maju yang akan berdampak manfaat besar.

Dengan sikap kreatif dan inovatif tersebut, Taufiq menilai, Pemkab Lebak sejajar dengan daerah lain yang sudah maju di tengah berbagai perubahan yang ada. “Adanya data center membuktikan Pemkab Lebak tidak gagap teknologi (gaptek). Sekarang semua hal itu harus berbasis pengetahuan, berbasis inovasi,” paparnya.

Kata Ahmad Taufiq, dengan mengoptimalkan data center, akan semakin mempermudah kinerja pemerintah, sebab data center mampu memberikan berbagai manfaat diantaranya memudahkan pengambilan kebijakan untuk mengakses data, tidak ada skat antara satu SKPD dengan SKPD lainnya dalam pertukaran data dan informasi, data dapat dipertanggungjawabkan dan dapat mewujudkan transparansi informasi publik.

“Langkah membangun data center ini, membuktikan bahwa pemimpin pemerintahan di Lebak peka terhadap perkembangan teknologi informasi,” kata Direktur Forum Kajian Desa Membangun (FKDM) Ahmad Taufiq, Selasa (4/2/2020)

Senada dengan Taufiq, penggiat lainnya, Ace Sumirsa Ali optimis, bila Pusat Data Pemkab Lebak itu dikelola dengan baik, maka akan ada efesiensi biaya dan juga waktu yang dilakukan.

Kata Ace Sumiarsa, dengan adanya Pusat Data biaya dan waktu untuk perjalanan dinas bisa dipangkas, karena ada rapat-rapat koordinasi yang biasanya dilakukan tatap muka langsung bisa digantikan dengan teleconference melalui Pusat Data.

Begitu pun soal waktu kerja, kata Ace juga lebih optimal, karena volume waktu untuk melakukan perjalanan dari kecamatan ke kabupaten atau pun sebaliknya bisa dipangkas.

Pemerintah Kabupaten Lebak melalui Diskominfo Lebak hadirkan Data Center sebagai pusat informasi dan data di lingkungan di pemerintah kabupaten Lebak. Data Center diresmikan langsung oleh Bupati Lebak Hj. Iti Octavia Jayabaya,S.E.,M.M, akhir tahun lalu.

Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat cepat, hal ini ditandai dengan semakin kompleksnya alat komunikasi yang digunakan serta kemampuan transfer data antar alat komunikasi yang semakin canggih.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Lebak dalam upaya menunjang kinerja sistem pemerintahan yang efektif serta kemudahan akan kebutuhan data dan informasi kegiatan pemerintah menghadirkan data center dimana dengan adanya data center pemerintah kabupaten Lebak diharapkan dapat menciptakan good governance, clean goverment serta memudahkan dalam mencari informasi tentang kabupaten Lebak.

Saat meresmika data center, Bupati Lebak langsung melakukan uji coba teknologi yang ada di data center yaitu melakukan video conference degan kecamatan dan lokasi wisata yang ada di Lebak secara live bersamaan,

Bupati Lebak, berharap semoga dengan adanya data center lebak bisa semakin maju dan berdaya saing, mengingat di zaman revolusi mental 4.0 ini dimana teknologi sangat berperan aktif dalam upaya menunjang kinerja pemerintah. (SYARIF)

scroll to top