Close

WH: Segera Evakuasi Warga Banten dari Papua

Gubernur Banten, Wahidin Halim


TOPTIME.CO.ID, SERANG – Belasan warga Banten dikabarkan terdampar di Papua, mereka tidak bisa kembali ke Banten karena tidak memiliki ongkos untuk pulang. Padahal kondisi Papua terus mencekam akibat kerusuhan yang belum mereda.
Seperti diberitakan detiknews, belasan orang tersebut kini berada sebuah rumah kontrakan di Sentani dan Wamena Papua yang berprofesi sebagai pedagang dan penjual remote televise. Mereka berasal dari Pontang dan Pamarayan, Kabupaten Serang. Ada pula beberapa diantaranya dari Kota Serang.


“Sekarang ini ada beberapa orang di Jayapura, di Sentani ini ada yang mau pulang tapi tak punya uang,” kata Nurhasanudin (28), seperti dikutif detiknews Selasa (1/9/2019).


Menanggapi pemberitaan ini, Gubernur Banten Wahidin Halim langsung merespon. Wahidin mengaku telah mengutus Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten untuk memimpin tim berangkat ke Papua untuk bisa membawa pulang warga Banten tersebut.
“Bahwa ada 17 orang warga Banten yang tinggal di Papua sekarang mengalami kesulitan dan meminta evakuasi. Tadi saya telah menugaskan langsung Kepala Dinas BPBD untuk memimpin tim berangkat ke papua, agar mereka untuk sementara bisa dibawa pulang, dikembalikan kesini sambil menunggu situasi yang kondusif. Sebagai gubernur berkewajiban menyelamatkan nyawa mereka,” ujar Wahidin siang tadi.


Dalam kesempatan itu, Wahidin juga menyampaikan ungkapan prihatin atas peristiwa yang terjadi di Papua.
“Saya sebagai Gubernur Banten juga prihatin dengan peristiwa terjadi di Papua. Semoga ini menjadi catatan sejarah dimana bagi warga Banten tidak perlu menanggapinya dengan emosi, namun kita sikapi bahwa ini adalah hal yang harus kita lakukan, tindakan utama mengembalikan mereka, membawa mereka pulang ke Banten,” ujar Wahidin lagi. (asa)

scroll to top