Close

Walikota Bekasi Buka Penyelenggaraan Bekasi Innovation Week 2021

Walikota Bekasi Buka Penyelenggaraan Bekasi Innovation Week 2021

KOTA BEKASI – Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi bersama Ketua DPRD Kota Bekasi, Chairruman J. Putro dan sempat hadir Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto menghadiri kegiatan Bekasi Innovation Week 2021 yang bertempat di Ballroom Bekasi Convetion Center, sekaligus menyerahkan penghargaan kepada para perangkat daerah Kota Bekasi.

Hadir dari Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Inovasi Kementerian Dalam Negeri, Drs. Matheoa Tan dan Kepala BP2D Provinsi Jawa Barat provinsi Jawa Barat, Ibu Linda Al Amin yang hadir menyaksikan dan langsung memberikan kepada para penerima penganugerahan atas inovasi perangkat daerah di Pemerintah Kota Bekasi.

Pandemi Covid 19 tidak menghalangi Pemerintah Kota Bekasi dalam mengukir prestasi di bidang inovasi, tahun 2020 Kota Bekasi masuk dalam 10 besar Kota terinovatif dalam Innovation Government Award 2020 terselenggara dari Kemendagri. Tahun ini, Pemerintah Kota Bekasi juga mampu meraih top 15 replikasi inovasi pelayanan publik dalam bentuk kompetensi inovasi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh Kemenpanrb.

Dalam sambutannya, Rahmat Effendi menekankan bahwa cara berpikir aparatur daerah jangan hanya terpaku pada teori dan harus mulai berpikir out of the box, sesuai dengan perkembangan zaman.

“Percepatan-percepatan sebuah proses dan daya berpikir untuk menciptakan inovasi, semua berasal dari individu yang bertanggung jawab atau diberikan mandat. Kalau individu tersebut tidak mau berubah, maka tidak mungkin akan terjadi perubahan” ujar Rahmat.

Di akhir sambutan, Rahmat Effendi mengungkapkan harapannya agar kegiatan Bekasi Innovation Week bisa berlanjut hingga tahun-tahun berikutnya. “Kalau kegiatan ini dilanjutkan, 2022/2023 kita bisa banjir penghargaan. Tanpa kegiatan ini saja kita sudah panen penghargaan, apalagi kalau didasari dari hasil pemikiran yang inovatif. Kalau semua 44 OPD dapat menciptakan sebuah produk, maka akan mampu membuat perubahan”, ungkapnya.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penganugerahan penghargaan yang terdiri dari lima kategori sebagai berikut:

  1. Juara 1 Perangkat Daerah Terinovatif : Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,
  2. Juara 1 Perangkat Daerah Inovatif : Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,
  3. Juara 1 Perangkat Daerah Sangat Inovatif : Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air,
  4. Juara 1 Kecamatan Inovatif : Kecamatan Medansatria, Juara II, Kecamatan Bekasi Timur dan Juara III Kecamatan Bekasi Barat.
  5. Juara Perangkat Daerah Terbaik Inovasi : Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Wali Kota Bekasi ucapkan selamat kepada para pemenang dan peraih juara di penghargaan atas inovasi inovasi perangkat daerah pada Bekasi Innovation Week tahun 2021, berharap agar terus menjadi pelayan masyarakat yang mampu menciptakan sebuah pelayanan publik untuk memudahkan masyarak Kota Bekasi.

(Ndoet/Intern)

scroll to top