BOGOR. – Puluhan pengunjung Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RS Marzoeki Mahdi (PKJN RSMM) Bogor, yang berlokasi di Jl.Sumeru No.114 Bogor 16111, yang terdiri dari pasien, keluarga, pendamping, kader, petugas kesehatan, dll, memadati ruang pendaftaran, guna mendafatkan antrian pelayanan rawat jalan, pemeriksaan diagnostik atau rawat inap, di pelayanan penyakit umum, penyakit jiwa atau rehabilitasi narkoba yang semua tersedia di RSMM Bogor.
Kali ini ada pemandangan yang berbeda di ruang tunggu pendaftaran RSMM, dimana para pengunjung disuguhi oleh penyuluhan atau edukasi kesehatan dari para petugas, sekaligus di hadiahi dorfrize yang sangat menarik berupa majalah kesehatan “Dholphine”, kalender RSMM dan tupperware edukasi “Isi Piringku”, yang sengaja disiapkan oleh petugas untuk para pengunjung yang berani mengajukan pertanyaan atau berani menjawab pertanyaan dari petugas.
Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka Jakarta, yaitu Indriyani Novita Sari dan Zahra Hairunisa, yang sedang menjalani magang di RSMM, ikut serta memandu acara dan memfasilitasi jalannya penyuluhan.
Sementara Sugih Setiaraharja, SKM. MM., sebagai penanggung jawab kegiatan penyuluhan, memperkenalkan para petugas yang hadir dan langsung membuka acara penyuluhan secara resmi.
Iyep Yudiana, SKM. MKM. yang menjadi narasumber kegiatan penyuluhan, langsung mengupas tuntas tentang, “5 Hal yang Harus di Ketahui Tentang Obat”, yang sangat penting bagi para pengunjung.
“Tidak semua kondisi sakit harus minum obat, Minumlah air putih dan istirahatlah, Bila harus minum obat, minumlah sesuai anjuran dokter, Jangan berhenti minum obat tanpa intruksi dokter dan Kontrollah secara rutin”.
Dorprize pun mulai dibagikan, para pengunjung sangat antusias maju ke depan untuk mengajukan pertanyaan atau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh petugas tentang materi edukasi yang diberikan.
Para pengunning yang tampil kedepan, ada yang berasal dari kota dan kabupaten bogor, kota depok, bekasi, cianjur, sukabumi, tangerang, dan lain-lain
Mereka sangat merasakan manfaat dari penyuluhan yang diberikan apalagi di hadiahi dorprize menarik, yang menambah semangat para pengunjung untuk berobat ke RSMM.
“Penyuluhan ini sangat bermanfaat, dari pada kita bengong nunggu antrian, lebih baik mendengarkan penyuluhan dan dapat hadiah dari RSMM, makasih ya,” ujar salah satu pengunjung yang ditanya oleh petugas, tentang manfaat dari penyuluhan.
Akhirnya kegitan tersebut ditutup dengan tepuk tangan yang meriah dari seluruh para pengunjung yang puas dengan penyuluhan yang diberikan. (*)
Sumber : BY PKRS PKJN-RSMM