Close

PKJN-RSJMM Bersama IPSM & PPDM Ciomas Bogor, Jemput ODGJ ke Rumahnya Untuk Diobati

PKJN-RSJMM Bersama IPSM & PPDM Ciomas Bogor, Jemput ODGJ ke Rumahnya Untuk Diobati

BOGOR – Giat kali ini lain dari biasanya, dimana Tim Gabungan antara Pusat Kesehatan Jiwa Nasional RSJ.Dr.H. Marzoeki Mahdi (PKJN-RSJMM) Bogor bersama Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) dan Pendamping Disabilitas Mental (PPDM) Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor Jawa Barat, Rabu, 17 Januari 2024

Mereka meluncur ke lokasi rumah pasien yang berada di Kreteg Ciomas Bogor, dimana dilaporkan ada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang pernah menjalani perawatan dan pengobatan di PKJN-RSJMM sekitar 3 tahun yang lalu, kali ini mengalami kekambuhan, karena tidak minum obat dan tidak kontrol ke puskesmas terdekat.

Eneng Rahmawati, sebagai anggota PPDM Kecamatan Ciomas bersama R.Mae Suherti dan Euis Suminar, sebagai anggota IPSM Kecamatan Ciomas Bogor, mendampingi Tim PKJN-RSJMM menuju lokasi dimana pasien dan keluarga berada.

Sementara itu Iyep Yudiana, sebagai Penyuluh Kesehatan Masyarakat (PKM) dan Lilin Darmiyanti, sebagai Pekerja Sosial Medik di Instalasi Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS), beserta Firhan Nurfalah, sebagai Perawat Jiwa di Instalasi Gawat Darurat (IGD) PKJN-RSJMM, melakukan Assesment dan Pemeriksaan Kesehatan Jiwa kepada Pasien dan Keluarganya,” kata iyeo

“Sering bicara sendiri dengan tembok, padahal ada ibunya, bicara juga sama aqua, katanya mendengar suara-suara”
Itulak sepenggal kalimat yang disampaikan oleh ibunya, saat petugas menanyakan tentang kondisi kesehatan jiwa anaknya.

Alhamdulillah, setelah dilakukan assesment dan pemeriksaan serta edukasi kesehatan jiwa kepada pasien dan keluarga, akhirnya pasien dan keluarga setuju untuk dilakukan pengobatan dan Tim Gabungan PKJN-RSJMM bersama IPSM dan PPDM Ciomas berhasil membawa ODGJ dan keluarga ke IGD PKJN-RSJMM.

Tidak lupa, tim juga lapor ke Kantor Kelurahan Padasuka Ciomas Bogor, untuk pencatatan domisili keluarga pasien dan cap surat tugas kegiatan. Tim gabungan bersama ODGJ dan keluarga, akhirnya sampai juga ke IGD PKJN-RSJMM, yang langsung dilakukan penanganan kedaruratan.

Sumber : PKRS PKJN-RSJMM

scroll to top