Close

Pemkab Lebak Bersama Kemenko PMK Gencarkan Vaksinasi Sampai ke Masyarakat Baduy

LEBAK – Pemerintah Kabupaten Lebak bersama
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) dalam hal ini Kedeputian Bidang Koordinasi Revolusi Mental, Pemajuan Kebudayaan, dan Prestasi Olahraga menyelenggarakan kegiatan vaksinasi bagi 1.000 orang masyarakat adat Suku Baduy, dan masyarakat penyangga di Kampung Ciboleger, Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, Banten, pada Kamis-Jumat, 14-15 Oktober silam.

Dalam kegiatan itu, hadir Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya mendampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Staf Khusus Menko PMK Khoirul Muttaqin, dan tokoh masyarakat adat.

Kegiatan vaksinasi ini berhasil terselenggara berkat kerja sama Pemkab Lebak, Kemenko PMK dengan Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang tergabung dalam Tim Koordinasi Layanan Advokasi Bagi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan YME dan Masyarakat Adat, serta bersama Kemenkes, Kementerian LHK, BNPB, Fakultas Kedokteran UI, Yayasan Mandalawangi, Komunitas Perempuan Berkebaya,
dan Perkumpulan Urang Banten (PUB).

Asdep Molly menuturkan, vaksinasi masyarakat adat juga merupakan wujud dari Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang merupakan bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM), serta
Gerakan Nasional Solidaritas dan Kedermawanan Penanganan Covid-19.

Terdapat pula kegiatan penanaman pohon secara simbolis, kunjungan ke Sekolah Dasar, dan Kunjungan ke Rumah Kepala Desa Kanekes, Jaro Saija. 

Kemenko PMK yang didukung oleh Kementerian dan Lembaga terkait membawa 1.000 bibit tanaman, 3.000 masker dan 200 hand sanitizer, 250 paket zchool kit, 50 paket Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Revolusi Mental, serta 50 paket sembako untuk para korban kebakaran Suku Baduy yang berada di Kampung Cepak Huni, Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten. (*)

scroll to top