Close

Kepsek MTs Di Lebak Dipanggil Kejati, Kaitan Dugaan Gratifikasi Kakanwil Kemenag Banten

Kepsek MTs Di Lebak Dipanggil Kejati, Kaitan Dugaan Gratifikasi Kakanwil Kemenag Banten

Ilustrasi Gratifikasi dan Suap

LEBAK – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten melalui Penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten sedang melakukan pengumpulan data dan keterangan (puldaket) kepada 14 saksi terkait laporan dugaan pungutan liar (pungli) dan gratifikasi pada Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Banten, yang diduga dilakukan oleh Kepala Kemenag Banten A Bazari Syam.

Salah satu yang diperiksa adalah Madrasah Tsawiyah MA, Kab. Lebak, Banten.

Dari poto surat yang didapatkan redaksi media ini, Kejati Banten melalui surat tertanggal 24 September 2020 yang ditandatangani Asisten Bidang Tindak Pidana Khusus, Sunarko, memanggil salah satu kepala Kepala MTs swasta di Lebak tersebut untuk dimintai keterangan.

Dalam surat itu disebutkan, pemanggilan tersebut terkait dengan dugaan tindak pidana korupsi dalam penyalahgunaan wewenang jabatan, pemotongan dana bantuan hibah sebesar 30 persen dan pengadaan barang/jasa telah dikondisikan pada Kantor Kemetrian Agama Banten tahun anggaran 2017-2018.

Baca Juga:

Ketika Kepsek MTs tersebut dikonfirmasi, dia mengakui adanya pemanggilan tersebut.

“Bener dapat panggilan, Rabu.” kata Kepsek ini melalui pesan whatsapp.

Namun dia mengaku belum tau permasalah apa yang akan diperiksa oleh kejaksaan tinggi.

“Soal (kasus) saya gak tau. Kayaknya yang dapat bantuan rehab tahun 2017,” kata Kepsek ini melalui WA, Minggu (27/9/2020)

Sedangkan pihak Kemenag Lebak saat dikonfirmasi mengaku belum tau adanya pemanggilan salah satu Kepala MTs oleh Kejati Banten.

“Saya belum tau. Tanya kasi Penmad (Pendidikan Madrasah-red),” kata Kepala Kemenag Lebak, Senin (28/9/2020)

Senada dengan atasannya, Kasubag TU Kemenag Lebak, Sudirman yang pernah menduduki jabatan kasi Penmad pada tahun 2018 juga mengaku tidak tau adanya Kepsek yang dipanggil terkait pemotongan dana bantuan hibah sebesar 30 persen dan pengadaan barang/jasa telah dikondisikan pada Kantor Kemetrian Agama Banten tahun anggaran 2017-2018.

“Saya sedang sibuk, sedang ada Irjen,” kata Kasubag TU Kemenag Lebak, Sudirman, Senin (28/9/2020).

Baca Selanjutnya>>>

Kepala Kanwil Kemenag Banten Blokir WA Awak Media

scroll to top