Close

Walikota Diminta Selektif Pilih Dewan Pendidikan

TOPTIME.CO.ID, KOTA BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi diminta untuk bijak dalam memilih anggota Dewan Pendidikan Kota Bekasi. Pemilihan kandidat yang akan mengisi Dewan Pendidikan harus memiliki visi dan misi dalam memberikan pertimbangan, arahan, dan masukan agar mutu pelayanan pendidikan di Kota Bekasi lebih baik.

Pangamat Pendidikan Bekasi, Tengku Imama Kobul Yahya mengatakan selama ini fungsi dari Dewan Pendidikan tidak begitu terlihat karena kurangnya komitmen dari pengurus Dewan Pendidikan dalam membangun dan mengembangkan pendidikan di Kota Bekasi. Kedepan, orang-orang yang kelak mengisi jabatan di Dewan Pendidikan harus benar-benar orang yang paham arah pendidikan kedepan.

“Pemilihan orang yang akan mengisi jabatan di Dewan Pendidikan harus tepat, orang yang benar-benar mengerti kondisi pendidikan di Kota Bekasi,” ujar Imam Rabu (23/10).

Direktur Pendidikan dan Sosial, LSM Sapulidi ini juga berharap orang-orang yang akan mengisi jabatan di Dewan Pendidikan bukan orang yang memiliki banyak jabatan di bidang lain. Khawatirnya, fokus pikiran untuk mengembangkan organisasi Dewan Pendidikan terpecah dan tidak maksimal dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Bekasi.

“Kandidat yang dipilih sebaiknya bisa fokus mengembangkan organisasi Dewan Pendidikan dan bisa bekerjasama dengan Pemkot Bekasi,” terangnya.

Hal ini dia sampaikan karena selama ini ada kandidat yang banyak menempati posisi di bidang lain dan jarang bergelut di bidang pendidikan namun ikut mendaftar menjadi anggota Dewan Pendidikan. Sehingga perlu seleksi yang ketat dari Panitia Pelaksana Musyawarah Daerah Dewan Pendidikan Kota Bekasi.

Sebelumnya, 35 orang telah mendaftar sebagai calon anggota Dewan Pendidikan Kota Bekasi. Ketua Panitia Pelaksana Musyawarah Daerah Dewan Pendidikan Kota Bekasi, Krisman Irwandi mengatakan semua berkas yang diterima langsung diseleksi dan dicek kelengkapannya. Dari 35 pendaftar, akan dipilih 22 calon anggota untuk diserahkan ke Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi. Dari 22 nama tersebut, wali kota akan memilih 11 anggota Dewan Pendidikan untuk dipilih dan diberikan SK untuk dilantik menjadi anggota Dewan Pendidikan Kota Bekasi masa jabatan 2019-2024. (Sar)

scroll to top