Video Penghitungan Suara Bukan di TPS ?

Video Penghitungan Suara Bukan di TPS ?

255
BERBAGI

TIM – LEBAK, BANTEN

TOPTIME.CO.ID – Terkait video adanya proses penghitungan suara bukan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang viral di medsos dengan tempat kejadian di Desa Cempaka Kecamatan Cirinten Kabupaten Lebak, Banten, Ketua Badan Pemgawas Pemilu (Bawaslu) Lebak Odong Hudori, mengatakan pihaknya sudah memproses laporan tersebut.

“Kami sudah meminta keterangan dari beberapa pihak, seperti petugas TPS 5, Linmas dan beberapa saksi,” jelas Odong didampingi anggota Bawaslu lainnya, Ade Jurkoni. Selasa (23/4/2019)

Untuk informasi sementara kata dia, kejadian diawali saat seorang saksi dari pasangan Capres 01 dari TPS 3 (bukan TPS 5) bernama Udin mendatangi TPS 5 Desa Cempaka. Namun di TPS ini sepi dan tidak ada aktifitas penghitungan suara.

Sebenarnya, aktifitas penghitungan suara di TPS 5 dipindahkan atas kesepakatan saksi, PTPS dan saksi ke rumah kepala desa dengan alasan hujan.

Di rumah kepala desa Cempaka, kemudian Acong mendokumentasikan proses penghitungannya dan tersebar di media sosial.

Saksi bernama Udin ini kemudian mengadukan hal itu kepada Panwascam.

“Pindahnya lokasi pemghitungan sudah atas kesepakatan saksi dan pengawas. Karena kalau memang ada kendala cuaca dan penerangan bisa dipindahkan. Bahkan, kalo ada penghitungan yang dipaksakan di tempat yang penerangannya kurang tentu akan kita adakan PSU,” jelas Odong.

“Baru dikaji dan belum dikeluarkan kesimpulan. Nanti kita akan plenokan,” kata Odong.

Odong menegaskan, proses pemghitungan yang terjadi di TPS 5 yang pindah ke rumah kepala desa tersebut dis

Komentar

comments