Close

Tiga Puskesmas di Kota Bekasi Dikunjungi Tim Akreditasi Kemenkes

Dinas Kesehatan Kota Bekasi menerima Tim Survey Akreditasi FKTP Dinas Kesehatan Kota Bekasi pada 3 Puskesmas antara lain Bekasi Jaya, Jaka mulya dan Kota Baru, di Hotel Aston,minggu (15/9) malam.

TOPTIME.CO.ID, KOTA BEKASI – Dinas Kesehatan Kota Bekasi menerima Tim Survey Akreditasi FKTP Dinas Kesehatan Kota Bekasi pada 3 Puskesmas antara lain Bekasi Jaya, Jaka mulya dan Kota Baru, di Hotel Aston,minggu (15/9) malam.

Komisi akreditasi kemenkes ini terdiri dari 3 tim  diterima oleh kepala dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati, sekretaris dinas Sumpono Brama, kepala Bidang dan para Kepala puskes serta para pendamping

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati menjelaskan Tujuan Akreditasi adalah peningkatan Mutu Pelayanan FKTP dalam hal ini puskesmas melalui pengakuan yang diberikan oleh Lembaga Independent Penyelenggara Akreditasi yang diteyapkan oleh Kemenkes RI setelah melalui proses Survey.

Saat ini Jumlah Puskesmas di Kota Bekasi ada 42 Puskesmas, Pemerintah Kota Bekasi melalui dukungan dana DAK Non Fisik sejak tahun 2016 sampai dengan tahun 2018 sudah mengakreditasi 20 puskesmas yang tersebar di 12 Kecamatan

Tanti juga menambahkan, Tahun 2019 ini Target Akreditasi Puskesmas dan UPTD LABKESDA ada 10 dengan Rincian Akreditasi Perdana sebanyak 8 Puskesmas, Akreditasi Re sebanyak 1 Puskesmas dan Akreditasi Laboratorium 1 UPTD.

Saat ini Kota Bekasi memiliki 36 orang pendamping tingkat Kota untuk Pokja Admen, UKM dan UKP yang membantu alam pendampingan persiapan dokumen pada setiap puskesmas.

Kegiatan Pra Survey Akreditasi mengawali dari kegiatan Survey sudah dilakukan dari bulan Juli sampai dengan Agustus 2019 di semua Puskesmas yang menjadi sasaran Akreditasi Tahun ini.

Dalam Kegiatan Akreditasi yang sudah dilaksanakan di 20 Puskesmas banyak intervensi dilakukan melalui Program Inovasi dalam rangka mendukung capaian beberapa Program yaitu : 

  • GESER SIJAHAT : Gerakan Jamban Sehat
  • DAYANG BUMIL : Kader Sayang Ibu Hamil
  • ABANG MESSI : Aku Bangga Memberi ASI Eksklusif (puskesmas Margajaya) adalah penghargaan kepada bayi yang lulus ASI Eksklusif yang bersumber dari kemitraan BPM.
  • MPOK DARSIE : Kelompok Sadar ASI Eksklusif (Puskesmas Pejuang) 
  • WISUDA ASI EKSKLUSIF (Puskesmas jatiasih) Adalah pemberian penghargaan berupa mendali yang lulus ASI Eksklusif sampai 6 bulan dilakukan setiap semester.

Tanti berharap semoga dengan Akreditasi FKTP dapat senantiasa memberikan manfaat dalam upaya peningkatan Mutu Layanan Kesehatan di Kota Bekasi serta Penerapan Sistem yang baik pada Pola kerja Insan Kesehatan melalui Slogan Kerjakan apa yang ditulis dan tulis apa yang dikerjakan. pungkasnya. (ADV)

scroll to top