Close

Terkait Tindaklanjut Temuan BPK, DPRD Kota Bekasi Akan Rutin Minta Laporannya ke Eksekutif

Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiroman J Putro

TOPTIME.CO.ID, KOTA BEKASI – Terkait sejumlah temuan BPK, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bekasi menegaskan pihaknya akan secara rutin memonitoring tindaklanjut temuan BPK oleh pihak eksekutif.

Dikatakan Ketua DPRD Kota Bekasi, Choiruman J Putro, karena temuan BPK ada setiap tahun ada, maka DPRD akan melakukan monitoring rutin untuk menanyakan mana saja temuan yang sudah selesai ditindaklanjuti dan mana yang belum.
Kata dia, monitoring tindaklanjut temuan BPK itu bisa dilakukan per triwulan, kuartal atau pun semester.

“Kan ada juga temuan tahun 2017 misalnya, seperti apa progress tindaklanjutnya, kita juga perlu laporannya,” kata Choiruman.

Sebelumnya diberitakan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jabar mengeluarkan Hasil Pemeriksaan atas Sistem Pengendalian Intern pada Pemerintah Kota Bekasi Tahun Anggaran (TA) 2018. Dalam catatannya, BPK Perwakilan Jabar mengungkapkan sebanyak tujuh temuan pemeriksaan.

Sementara itu pihak Pemkot Bekasi melalui bagian Humas menjelaskan bahwa 3 rekomendasi BPK sudah dilaksanakan dan dinyatakan selesai.

Dalam rilis yang dikirim sebagai hak jawab, Humas Pemkot menjelaskan :

Berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan BPK RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Bekasi Tahun 2018 Nomor 27B/LHP/XVIII.BDG/05/2019 Tanggal 22 Mei 2019, memang terdapat 7 (tujuh) temuan atas Sistem Pengendalian Intern pada Pemerintah Kota Bekasi Tahun Anggaran 2018.

Adapun yang diberitakan adalah temuan No. 1 yang menyebutkan bahwa Penatausahaan Kas Daerah Pemerintah Kota Bekasi Belum Tertib. Terhadap temuan tersebut, terdapat 3 rekomendasi yaitu :
a. Kepala BPKAD untuk menindaklanjuti rekomendasi BPK;
b. Kepala BPKAD untuk menerapkan Treasury Single Account dalam pengelolaan kas daerah;
c. Kepala BPKAD untuk memerintahkan Kepala Bidang Perbendaharaan selaku kuasa BUD untuk menyajikan secara lengkap transaksi-transaksi yang terjadi pada kas daerah.

Kami sampaikan, tiga rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti dan dinyatakan selesai oleh BPK Perwakilan Jawa Barat yang termuat dalam Buku Himpunan Rekapitulasi Hasil Pemantauan Tindak Lanjut Hasil Pemeriksan BPK Pada Pemerintah Kota Bekasi Semester I tahun 2019 dan hasil desk tanggal 30 Agustus 2019.

Demikian Hak Jawab tersebut disampaikan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

Kabag Humas Pemkot Bekasi

Sajekti Rubiyah.

(SAR)

scroll to top