Close

Soal Alokasi Rp 550 Juta Untuk Komunikasi, Air dan Listrik Disdikbud Lebak, Begini Komentar DPRD

ilustrasi

TOPTIME.CO.ID, LEBAK – Untuk membayar jasa komunikasi, Sumber daya air dan listrik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Lebak mendapat guyuran dana Rp. 550 Juta pada tahun 2019. Hal ini terlihat pada data yang ditayangkan di Sistem Monitoring dan Evaluasi (SIMONEV) Pemkab Lebak.

Bila dibandingkan dengan kabupaten tetangganya, yakni Kabupaten Tangerang, pada item yang sama, Disdikbud Kab. Tangerang hanya  mengalokasikan Rp. 359 Jutaan.

Ketua Komisi III DPRD Lebak, Yayan Ridwan saat dimintai tanggapannya tentang besaran pagu anggaran Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik pada Disdikbud Lebak yang ternyata lebih besar dibandingkan dengan item yang sama pada Disdikbud Kab. Tangerang, dia enggan banyak berkomentar.

Menurut Yayan, untuk serapan anggaran, Komisi III secara teknis belum tau program apa saja yang sedang dilaksanakan karena  baru minggu  terbentuk komisi.

*BACA BERITA SEBELUMNYA : https://toptime.co.id/bayar-jasa-komunikasi-air-dan-listrik-disdikbud-lebak-diguyur-rp-550-juta/

Demikian juga terkait  biaya oprasional yang pada Disdikbud dirinya juga enggan banyak berkomentar.

“Rencananya minggu depan kami akan rakor (rapat koordinasi-red) dengan semua OPD  yang bermitra dengan komisi III,” jelasnya melalui pesan aplikasi whatsapp, Minggu (6/10/2019)

Sebelumnya, saat dikomfirmasi terkait alokasi anggaran jasa komunikasi, Sumber daya air dan listrik, Kepala Disdikbud Lebak, Wawan Ruswandi membenarkan besaran alokasi dana tersebut.

Melalui pesan whatappnya, Kadisdikbud membeberkan, Penyediaan Jasa Komunikasi, Sumber Daya Air dan Listrik jumlah pagu Rp. 550.000.000,- dengan rincian sbb:

Belanja jasa listrik disdikbud (12 bulan) Rp. 186.000.000,-

Belanja Jasa Listrik (12 bulan) untuk UPT dan museum Rp. 154.800.000,-

Belanja Jasa Air utk UPT Cibeber dan Cipanas Rp. 6.000.000,-

Belanja jasa internet disdikbud Rp. 102.000.000,-

Belanja jasa internet utk 28 UPT dan museum Rp. 101.200.000,-


Sementara itu, untuk perbandingan, Dinas Pendidikan Kab. Tangerang melalui aplikasi e-report mengunggah untuk membayar jasa komunikasi, Sumber daya air dan listrik, Dinas Pendidikan Kabupaen berjuluk kabupaten seribu industri itu menggelontorkan anggaran Rp. 359 Jutaan.

Namun dari data e-report tersebut tidak bisa diketahui rincian alokasinya.

Lebih besar dan hemat mana ya? (ACHMAD SYARIF)

scroll to top