Close

Sang Penggemar Cimplung, Kades Langgonsari Cilongok Kab. Banyumas

Cimplung, kuliner khas Banyumas

TOPTIME.CO.ID, BANYUMAS – Bicara soal cimplung, ternyata Kades Langgongsari Drs. M Zaenurokhman menjadikan makanan khas desa ini menjadi salah satu makanan favoritnya dimana dalam setiap minggunya selalu menyantap makanan cimplung ini 2 – 4 kali setiap hari.

” Terasa ada yang kurang dalam hidangan menyantap makanan bila tidak memakan makanan cimplung ini,” ujar Kades Langgongsari Drs. M Zaenurokhman saat diajak wartawan media ini ngobrol soal makanan khas desanya.

Bagi orang sekitaran Banyumas mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan khas yang satu ini. Cimplung adalah sejenis makanan yang terbuat dan berbahan dasar singkong.

BACA JUGA : https://toptime.co.id/saung-ubar-kabingung-cijaku-wisata-kuliner-baru/

BACA YG INI JUGA : https://toptime.co.id/alhamdulillah-990-pelaku-parawisata-dan-ekonomi-kreatif-di-kab-lebak-dapat-bantuan/

Cimplung diolah dengan cara mencelupkan singkong yang telah dikupas dan dibersihkan kedalam adonan air nira yang sedang mendidih untuk dijadikan gula merah ( gula jawa) ataupun gula semut.

Kades ini mengaku suka cimplung sejak masih belia sekitar tahun 1979, yaitu sejak duduk di bangku SD (Sekolah Dasar).

” Zaman saya masih duduk di bangku SD saya sudah sangat menggemari makanan cimplung ini, pada saat itu makanan cimplung ini menjadi makanan yang sangat favorit di semua usia di Desa Langgongsari dan masyarakat Banyumas umumnya ” kata Kades Langgongsari Drs.M Zaenurokhman.

Kades yang terpilih 3 kali ini mengaku, berawal dari kesukaannya itu, dia mempunyai gagasan untuk mengemas serta membuat makanan khas cimplung ini menjadi hidangan makanan yang bertahan lama namun tanpa menggunakan bahan pengawet makanan.

“Agar masyarakat luas semakin banyak yang mengenal dan tahu enaknya menikmati cimplung,” kata dia.

Ingin Cimplung Bisa Go Nasional

Sebagai orang nomor satu di desanya, dia ingin makanan cimplung ini dapat diangkat di tingkat Nasional serta menjadi salah satu produk unggulan UMKM Desa Langgongsari.

Berlanjut ke halaman berikutnya

scroll to top