Close

Nyari Tempat Wisata Gratis Tiket Masuk ? Ke Lebak Banten Aja !

TOPTIME.CO.ID, RANGKASBITUNG – Di Lebak Banten ada beberapa spot wisata yang bisa dinikmati gratis tanpa dikenakan tiket masuk. Bagi anda yang hobi “jelong-jelong” dan selfie ria, tentu ini sangat mengasyikan.

Rangkasbitung Banten bisa ditempuh dengan kereta comutter sekitar 2 jam dan ongkos Rp. 8 ribu dari Statsiun Tanah Abang Jakarta.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi tanpa dikenakan tiket masuk sepeser pun :

Museum Multatuli

Cuma butuh 10 menit jalan kaki dari Stasiun Rangkasbitung ke Museum Multatuli.  Sayangnya, museum ini hanya buka Senin sampai Jumat. Jam buka sesuai jam kantor.

Museum ini berada di sisi timur alun-alun Rangkasbitung, berseberangan dengan Masjid Agung Al A’raaf.

Di Museum ini, selain bisa melihat peninggalan tempoe doeloe, pengunjung juga bisa berpoto ria di dekat patung Multatuli, Saijah dan Adinda. Pasti keren.

Perpustakaan Saidjah Adinda

Di sebelah Museum Multatuli terdapat Perpustakaan Saidjah Adinda yang juga tutup pada Sabtu dan Minggu.

Purpustakaan ini hanya buka Senin sampai Jumat. Jam buka sesuai jam kantor. Bentuk gedungnya sangat unik, seperti leuit atau lumbung padi khas suku Baduy. Ini juga sangat bagus untuk latar selfie.

Kantor DPRD dan Gedung Bupati Lebak
Kedua gedung yang berdekatan ini memiliki arsitek yang kental dengan mas lalu. Mata anda akan dimanjakan dengan keindahan gedung ini. Tapi jangan lupa, minta ijin dulu ke petugas yang jaga di gerbang.


Kedua gedung yang berdekatan ini memiliki arsitek yang kental dengan mas lalu. Mata anda akan dimanjakan dengan keindahan gedung ini. Tapi jangan lupa, minta ijin dulu ke petugas yang jaga di gerbang.

ini termasuk kedalam bangunan tua di kabupaten ini. Usianya diperkirakan sudah mencapai 85 tahun sejak dibangun tahun 1932. Dari usianya, bangunan ini telah mengalami peralihan fungsi.

Dalam sejarah, bangunan DPRD yang berdiri masa Pemerintah Belanda ini dahulunya diberi nama Contrakten Administrative. Fungsinya sebagai pusat pengurusan administrasi dalam penyelesaian kontrak-kontrak perkebunan di wilayah administrasi Banten Kidul.

Balong Ranca Lentah


Balong Ranca Lentah yang menjadi tujuan wisata favorit masyarakat Lebak. Dihitung dari Masjid Al A’raaf, jarak ke balong (kolam) tidak terlalu jauh. Hanya 500 meter dan cuma butuh enam menit untuk jalan kaki. Di sekeliling balong itu ramai pedagang bila malam hari. Itulah sebabnya Balong Ranca Lentah dikenal sebagai destinasi wisata kuliner.

Rumah Multatuli
Rumah dinas bekas asisten residen ini berada di area RSUD Dr. Ajidarmo. Bentuk bangunan masih asli. Tapi jangan lupa minta ijin dulu ke petugas keamanan sebelum mengambil gambar di sana ya !

scroll to top