Close

Mulai April 2020 Pemkot Bekasi Jalankan Program Pemutihan IMB

Mulai April 2020 Pemkot Bekasi Jalankan Program Pemutihan IMB

Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bekasi segera menjalankan program pemutihan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Perumahan mulai April 2020. Demikian disampaikan oleh Kasi Penataan Bangunan Distaru Engkos Koswara, Senin (9/3/2020).

TOPTIME.CO.ID, BEKASI – Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Bekasi segera menjalankan program pemutihan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) Perumahan mulai April 2020. Demikian disampaikan oleh Kasi Penataan Bangunan Distaru Engkos Koswara, Senin (9/3/2020).

Koswara menjelaskan, program pemutihan IMB perumahan dijalankan dengan adanya potensi retribusi IMB hingga miliaran rupiah.

“Pemutihan minggu pertama April sesuai Intruksi Walikota yang saat ini  udah keluar tentang pemutihan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, pada dasarnya izin IMB Perumahan tanggungjawabnya berada di pihak Pemerintah Kecamatan. Kendati demikian dalam hal ini program pemutihan perumahan menjadi kebijakan Pemerintah Kota Bekasi melalui Distaru.

“Kita nerusin data lama, ada beberapa perumahan yang diidetifikasi belum ada IMB . Data yang akan kita gali melalui RT/RW dan dipertajam ke pemilik ,” jelas Koswara.

Program pemutihan ini berlaku bagi perumahan lama yang minimal lebih dari 10 tahun berdiri tapi belum memiliki IMB. Petugas yang diterjunkan akan melakukan verifikasi fisik, menyiapkan denah, dan segera diproses. Setelah data yang diperlukan sudah dilengkapi sedikitnya dalam waktu satu minggu IMB melalui program pemutihan ini selesai untuk diterbitkan.

“Nanti kerjasama dengan pihak kelurahan dan RT/RW, serta pemilik rumah,” lanjutnya.

Secara rinci data pemutihan yang telah dikantongi pihak Distaru diantaranya 8 Perumahan di Kecamatan Medansatria, 32 Perumahan di Bekasi Barat, 35 Perumahan di Pondokmelati, 21 Perumahan di Mustikajaya, 11 Perumahan di Jatiasih, 27 Perumahan di Pondokgede, 11 Perumahan di Rawalumbu, 29 Perumahan di Jatisampurna, 4 Perumahan di Bekasi Timur, 37 Perumahan di Bekasi Selatan, 10 Perumahan di Bekasi Utara, dan 1 Perumahan di Bantargebang.

Dengan data tersebut total ada 226 Perumahan yang bakal digali potensi PAD melalui Program Pemutihan IMB Perumahan. Program pemutihan ini adalah Perda No. 4 Tahun 2017 tentang penyelenggaraan dan retribusi IMB. Sehingga setiap rumah wajib membayar retribusi IMB sebesar Rp500 ribu.

“Tahap awal mulai April sampai Mei 2020, paling lama satu tahun,” pungkas Koswara. (Sar)

scroll to top