Close

Kelurahan Pancoran Mas, Segera Terbentuk Karang Taruna Baru

PULUHAN pemuda kembali hadir dalam menyikapi issue tingginya tingkat kenakalan remaja di Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Hal ini pemuda di unit masing-masing berupaya untuk bersinergi dengan aparat Kepolisian setempat, yaitu dengan tujuan membendung adanya kerawanan ditingkat lingkungan Kelurahan Pancoran Mas tersebut.

TOPTIME.CO.ID, Depok — PULUHAN pemuda kembali hadir dalam menyikapi issue tingginya tingkat kenakalan remaja di Kelurahan Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok. Hal ini pemuda di unit masing-masing berupaya untuk bersinergi dengan aparat Kepolisian setempat, yaitu dengan tujuan membendung adanya kerawanan ditingkat lingkungan Kelurahan Pancoran Mas tersebut.

Menurut Lurah Pancoran Mas, Suganda mengatakan bahwa selama 2 bulan di Kelurahan Pancoran Mas ini sering mengikuti kegiatan-kegiatan di tingkat RW. Dilingkungan ini banyak inovasi yang dilakukan oleh pemuda dari masing-masing RW tersebut. Tentu untuk mengajak seluruh elemen pemuda yang ada di Kelurahan Pancoran Mas. Ia menjelaskan, untuk membangun Kelurahan Pancoran Mas yang berkaitan dengan pembangunan kemasyarakatan, sosial dan keagamaan.

“Nanti di tingkat Kelurahan semua kegiatan informasi yang berkaitan dengan pembangunan kemasyarakatan dan sosial, budaya dari Pemerintah Kota Depok, akan melibatkan masyarakat yaitu Karang Taruna tingkat Kelurahan. Bersinergi dengan Karang Taruna Kelurahan, baik pemerintahan Kelurahan maupun pemerintah Kecamatan Pancoran Mas, lebih-lebih pada pemerintah Kota Depok. Saya memandang perlu adanya Karang Taruna Kelurahan ini di Pancoran Mas, saya menganggap perlu Kelurahan Pancoran yang belum punya Karang Taruna untuk segera membentuk,” kata Suganda pada TOPTIME.CO.ID di Kantor Kelurahan Pancoran Mas Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok, Sabtu (16/11/2019).

Lanjutnya, awal tahun 2020 mendatang kegiatan apapun untuk pembangunan kemasyarakatan tingkat kota, akan mendapatkan keuntungan dari pengelolaan proyek proyek tersebut.

“Mau tidak mau, harus meningkatkan kewaspadaan di Kelurahan Pancoran Mas, dimana berkaitan dengan situasi saat ini terbilang cukup tinggi bagi pengguna narkoba di Kota Depok, Jawa Barat. Maka berkaitan dengan kegiatan di wilayah, yaitu yang pertama tawuran pelajar, tawuran remaja dan narkoba, melalui Karang Taruna ini, nanti disosialisasikan kepada warga, anak-anak remaja agar kegiatannya secara positif,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Lembag Pemberdayaan Masyarakat (LPM), Pancoran Mas, Yoris menyatakan kaitannya dengan Karang Taruna di wilayah Kelurahan Pancoran Mas, merupakan satu-satunya Karang Taruna yang terbentuk di Kecamatan Pancoran Mas, hanya Kelurahan Pancoran Mas. Ia menjelaskan bahwa di tahun 2020 nanti banyak sekali membutuhkan tenaga kerja pemuda bagi Karang Taruna.

“Mungkin ada 3 orang yang dipercaya, karena Karang Taruna sebagai ujung tombak yang ada di Kelurahan Pancoran Mas. Yang terpenting jangan sampai karang taruna tingkat RW, ditinggalkan dengan terbentuknya Larang Taruna ditingkat Kelurahan Pancoran Mas,” pungkas Yoris.

Tampak hadir Babinsa Kantibmas Pancoran Mas dan sejumlah Ketua RW dari lingkungan Kelurahan Pancoran Mas. (Prayitno)

scroll to top