Close

Dua Siswa MAN 3 Lebak Juarai KSM Tingkat Kabupaten

Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Lebak Kecamatan Gunung Kencana bernama Wandi Ruswandi dan Nurul Widah berhasil menorehkan prestasi pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten yang digelar pada 15 Juli di silam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Rangkasbitung.

TOPTIME.CO.ID, LEBAK, BANTEN – Dua siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Lebak Kecamatan Gunung Kencana bernama Wandi Ruswandi dan Nurul Widah berhasil menorehkan prestasi pada ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten yang digelar pada 15 Juli di silam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Rangkasbitung.

Wandi dan Nurul menjadi salah satu peserta terbaik menyisikan puluhan peserta Kimia dan 25 peserta Ekonomi tingkat madrasah yang ada di kabupaten Lebak.

Hasil dari seleksi kopetisi sains madrasah (KSM) tingkat kabupaten itu, Wandi Ruswandi dan Nurul Widah Masuk masuk ke posisi Ke-lll besar, sehingga keduanya berlanjut ke tingkat Provinsi yang di laksanakan tanggal 15 agustus 2019 di Darel el Qalam. Tetapi di tingkat provinsi, mereka berdua belum beruntung menjadi juara.

Dari informasi yang dihimpun reporter Syarif Hidayatulloh, Minggu (25/8/2019) Wandi Ruswandi dan Nurul widah telah pada tahap seleksi awal sebelum KSM tingkat kabupaten berhasil mengalahkan peserta lain dalam bidang Ekononmi dan Kimia dengan menduduki posisi ke-1 Ekonomi dan ke-4 Kimia dan berhak mengikuti seleksi KSM tingkat kabupaten 15 juli 2019 lalu.

Ketika diwawancarai, Wandi Ruswandi dan Nurul Widah sama-sama mengaku butuh perjuangan berat untuk bisa menjadi juara pada kompetisi tingkat kabupaten dan provinsi tersebut.

“Dalam persiapan mengikuti kompetisi ini saya mengalami kesulitan dalam memahami segala sesuatu yang ada di buku sumber, tetapi dengan bantuan para guru, teman-teman dan dengan bantuan do’a yang selalu saya panjatkan akhirnya saya sendiri yang tadinya agak kesulitan dalam memahami pembahasan yang belum di mengerti akhirnya bisa memahami dengan cepat.” kata Wandi Ruswandi.

Senada dengan Wandi, Nurul Wahidah mengaku tantangan terberat saat mengikuti KSM adalah bagaimana agar tidak jatuh mental dan tetap tenang selama proses lomba.

Kendati gagal menjadi juara di tingkat provinsi, namun kedua siswa MAN 3 Lebak ini mengaku justru lebih termotivasi lagi untuk meningkatkan pengetahuanya.

“Biarpun saya tidak menjuarai (kompetisi) di tingkat provinsi, tapi saya akan selalu semangat belajar dan mengejar mimpi menjadi guru KIMIA.” kata siswi kelas 12 IPA ini. (SH)

Catatan redaksi : Tulisan ini karya salah satu peserta Pelatihan Jurnalis bernama Syarif Hidyatullah (MAN 3 Lebak) yang diselenggarakan oleh Komunitas Kaloncing bekerjasama dengan Media Berita Online TOPTIME, Sabtu (24/8/2019)

scroll to top