Close

Dispar Lebak Adakan Pelatihan Untuk Pemandu Wisata Alam dan Balawisata

Puluhan relawan balawisata dan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) mengikuti Pelatihan Pemandu Wisata Alam Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawisata), di Bina Insan Mandiri (BIM) Selasa - Kamis, 1-3 Oktober 2019.

TOPTIME.CO.ID, RANGKASBITUNG – Puluhan relawan balawisata dan Taruna Tanggap Bencana (Tagana) mengikuti Pelatihan Pemandu Wisata Alam Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawisata), di Bina Insan Mandiri (BIM) Selasa – Kamis, 1-3 Oktober 2019.

Acara yang digelar Dinas Parawisata Kabupaten Lebak itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam rangka mewujudkan Kabupaten Lebak sebagai destinasi wisata unggulan Nasional berbasis potensi lokal.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin, S.Hut, M.Si menyampaikan visi misi ibu bupati yang serius menggarap sektor pariwisata sampai pada tingkat desa-desa.

Masih dalam sambutanya, Kadis Parawisata pula mengatakan bahwa pengelolaan parawisata harus mengikuti perkembangan jaman.

Untuk itu kata dia, segenap elemen masyarakat khususnya penggiat wisata juga harus mengikuti berbagai perkembangan yang ada dengan mampu melakukan inovasi dan peningkatan kualitas SDM.

Dengan diadakannya Pelatihan Pemandu Wisata Alam Balawista ini Kadis mengharapkan adanya angkatan baru pelatihan Balawista sehingga kecelakaan di destinasi wisata bisa lebih diminimalisir.

Dengan hadirnya balawisata, pengunjung akan merasa aman dan nyaman menikmati keindahan alam.

“Harus ditumbuhkan kepercayaan masyarakat bahwa wisata pantai dan alam yang lain betul-betul aman dan nyaman untuk dikunjungi, ” kata Kadis Parawisata.

Salah satu peserta pelatihan, Jacky mengaku senang bisa mengikuti pelatihan pemandu wisata tersebut.

Menurutnya, berbagai pengetahuan seputar wisata semakin terasah, terutama cara mengevakuasi ketika ada wisatawan yang mengalami kecelakaan di obyek wisata alam.

“Hari ini kami dilatih instruktur teknik berenang dan menyelam. Ini sangat bermanfaat untuk kami praktekkan,” kata Zaky yang aktif di Taruna Tanggap Bencana, Selasa (1/10/2019)

Salah satu penggiat wisata yang hadir pada acara itu, Erwin, mengapresiasi kegiatan pelatihan bagi pemandu wisata alam dan balawisata tersebut.

Kata Erwin, selama ini balawisata sudah terbukti hadir menolong pengunjung yang mengalami kecelakaan saat menikmati ombak Pantai Sawarna.

“Alhamdulillah, kehadiran balawisata bisa membawa manfaat membantu dan memberikan rasa nyaman pada pengunjung,” kata Erwin yang pernah dua periode menjabat Kepala Desa Sawarna dan juga pernah menjadi anggota DPRD Lebak periode 2009-2014.

Terpantau pelatihan yang melibatkan sekitar 50 peserta dan beberapa instruktur itu berlangsung lancar.
(ADV)

scroll to top