Close

Demi Covid Berakhir, Rela Menjadi Relawan

Reporter: Ace Sumarli –toptime.co.id

Pribadinya tetap periang, meski situasi pandemi Covid-19 membuat beberapa usahanya collapse. Bawaanya tetap ceria, meski kadang uang disaku hanya tersedia uang lembaran dua ribuan di hari itu. Baginya yang penting secangkir kopi dan rokok tetap tersedia, maka hari-harinya akan tetap tampak indah dan membahagiakan.

“Hidup ini tetap harus berjalan dengan penuh kebahagiaan, apapun kondisinya,” demikian kata Ade Duhel, seorang relawan Pencegahan Covid-19 di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.
Ade Duhel adalah satu dari sekian banyak warga di Lebak yang rela menjadi relawan meski situasi pribadinya tidak begitu berkecukupan secara ekonomi. Bagi Ade, turut menjadi bagian dari upaya melakukan pencegahan terhadap wabah yang begitu membahayakan adalah menyenangkan karena menyangkut nyawa ribuan bahkan jutaan orang. Dia sangat yakin bahwa kerja-kerja kemanusiaan  seperti itu akan dicatat alam sebagai perbuatan baik dirinya.

“Kalau bicara susah, semua orang susah karena Covid-19 ini. Makanya mari kita bahu membahu menanggulanginya, kalau bukan kita, siapa lagi?” ujarnya mantaps.

Ade beserta belasan orang lainnya dari Yayasan Jokowi Center untuk Indonesia Maju (JCUIM) Banten memang gencar melakukan pembagian masker kepada masyarakat yang membutuhkan. Sudah ribuan masker sesuai standar protocol yang dibagikan cuma-cuma kepada masyarakat. Selain itu, sudah ribuan warga pula yang diedukasi agar sadar tentang bahaya wabah ini.

“Kami berterimakasih kepada Ketua JCUIM Pusat yang terus support kegiatan kemanusiaan kami di sini,” ujarnya.

Dalam situasi serba sulit akibat pandemic Covid-19 ini, sosok seperti Ade Duhel adalah pahlawan yang tampil terdepan dalam mencegah bencana kemanusiaan non alam yang lebih besar. Sejak wabah masuk Indonesia awal tahun 2020 lalu, praktis banyak warga yang mengeluh karena ekonomi merosot dan kegiatan sosial tertutup. Semoga saja wabah ini cepat berakhir agar kesulitan masyarakat turut segera berakhir. Aamiiin. (*)

scroll to top