Close

Camat Cikulur Optimis Capaian PBB Meningkat 90 Persen

Camat Cikulur, Kabupaten Lebak, Iyan Fitriyana

TOPTIME.CO.ID. LEBAK – Camat Cikulur, Kabupaten Lebak, Iyan Fitriyana menargetkan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Kecamatan Cikulur pada 2020 ini ditarget meningkat hingga 90 persen. Menurut camat yang baru menjabat tiga bulan ini, hal tersebut sangat realistis bila semua pihak dapat bekerjasama dan membangun komitmen memajukan pembangunan. Karena, pajak dari rakyat untuk rakyat. 

“Semua pembangunan mulai dari infrastruktur, pendidikan sampai kesehatan semua bersumber dari pajak yang kita bayar,” kata Iyan kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis (19/03/2020).

Dikatakan Iyan, pada tahun 2019 lalu capaian PBB dari 13 desa yang ada di Kecamatan hanya mencapai 61 persen. Sehingga, guna mencapai target PBB yang diinginkan, dia akan membuat suatu gerakan diantaranya memberikan edukasi baik kepada desa atau langsung kepada warga sebagai wajib pajak

“Dalam umat Islam dalam satu tahun sekali di Bulan Ramadhan kita diwajibkan membayar zakat fitrah, begitu juga dalam pemerintahan PBB yang juga wajib dibayar oleh setiap wajib pajak,” ujarnya.

Lanjut Iyan, zakat fitrah hasil yang dikumpulkan akan diberikan kepada Mustahik yang berhak menerimanya diantaranya, yatim piatu dan parkir miskin. Begitu juga hasil PBB yang dibayarkan masyarakat kepada pemerintah, nanti akan kembali kepada masyarakat melalui sejumlah program diantaranya pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, fasilitas pendidikan juga kesehatan.

“Untuk itu kami mengajak masyarakat wajib pajak agar meningkatkan kesadarannya dalam membayar PBB,” ucap Iyan.

Tahun 2020 ini, lanjut Iyan, pihaknya optimis capaian PBB akan meningkat seiiring ada program PTSL di beberapa desa di Kecamatan Cikulur. Untuk itu, pihaknya akan menekankan kepada desa agar warga pemohon program PTSL terlebih dahulu melunasi pajaknya, sebelum sertifikatnya terbit.

“Iya kami minta agar desa dapat mamanfatkan program PTSL ini untuk meningkatkan pajaknya,” pungkasnya. (AGUS JAELANI)

scroll to top