Close

Bupati Lebak Dapat Predikat A Penilaian Evaluasi SAKIP

Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya hadir dalam undangan dari Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokasi (PAN RB) RI dalam acara penyerahan hasil evaluasi atas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pemerintah kabupaten/kota wilayah I, acara terselenggara di Radisson Golf & Convention Resort Batam, Senin (10/2/2020)

TOPTIME.CO.ID, LEBAK – Bupati Lebak, Hj. Iti Octavia Jayabaya hadir dalam undangan dari Kementerian Pendayagunaan Apartur Negara dan Reformasi Birokasi (PAN RB) RI dalam acara penyerahan hasil evaluasi atas penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) pemerintah kabupaten/kota wilayah I, acara terselenggara di Radisson Golf & Convention Resort Batam, Senin (10/2/2020)

Wilayah 1 tersebut meliputi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten dan Jawa Barat.

Lebak Dianugrahi Penghargaan Tertinggi pada Apresiasi dan Penyerahan LHE Sakip Wilayah I Tahun 2019, dengan Menyandang Predikat A.

Pemerintah Kabupaten Lebak dalam melaksanakan kinerjanya melalui satu langkah kongkrit untuk mewujudkan Reformasi Birokrasi melalui pengelolaan Anggaran secara efektif dan evisien, hal tersebut dilakukan dengan menerapkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

Atas langkah tersebut Pemerintah Kabupaten Lebak memperoleh penghargaan SAKIP Award 2020 atas Akuntabilitas Kinerja pada Tahun 2019 yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB), Kabupaten Lebak berhasil mendapatkan predikat penghargaan dengan Nilai tertinggi yakni predikat (A) bersama Kabupaten Serang dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat.
Ketiga Pemerintah Daerah tersebut meraih predikat tertinggi dalam pernghargaan yang diberikan oleh KemenPAN RB yang setiap tahunnya dilakukan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan.

Pemkab Lebak pada tahun sebelumnya mendapat nilai SAKIP dengan Predikat (BB), namun berkat kinerja yang ditunjukan oleh seluruh jajaran Pemkab Lebak hingga akhirnya pada tahun ini Lebak mendapat kenaikan prestasi nilai yang memuaskan dan nilai tertinggi pada ajang Penghargaan SAKIP Award 2020 Wilayah I yang meliputi 185 Pemerintah Daerah yang terdiri dari 11 Pemerintah Provinsi dan 174 Kabupaten/Kota. Pemda dimaksud meliputi pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten/kota di wilayah Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Riau, Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jawa Barat, dan Banten.

Pengkategorian tersebut dilakukan bukan hanya sekedar menilai instansi pemerintah, namun untuk memetakan tingkat implementasi manajemen kinerja masing – masing instansi pemeritah. Dengan diraihkan predikat (A) tersebut semoga dapat berimplikasi kepada kualitas pelayaan publik pada pemerintah Kabupaten Lebak.

Salah satu langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi adalah melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien, hal ini dilakukan dengan menerapkan SAKIP. (SYARIF)

scroll to top