Close

Bingung Mau Liburan ? Ini Rekomendasi 12 Tempat Wisata Menarik di Lebak Banten

Wisata ke Perkampungan Baduy.

TOPTIME.CO.ID, LEBAK, BANTEN – Kabupaten Lebak berada di perbatasan antara Jawa Barat dan Banten. Batas sebelah timurnya saja langsung bersandingan dengan kabupaten Bogor dan Sukabumi. Kabupaten ini memiliki batas laut di sebelah selatan sedangkan sisi barat dan utara masing-masing berbatasan dengan kabupaten Pandeglang dan kabupaten Serang. Dikumpulkan Travelingyuk, inilah 13 tempat wisata yang paling top di kabupaten Lebak.

1. Pantai Ciantir Sawarna

Pernah mendengar nama Pantai Sawarna? Pantai yang terkenal akan keindahannya itu terletak di kabupaten Lebak tepatnya di desa Sawarna, kecamatan Bayah atau di pesisir selatan kabupaten ini yang memang berbatasan dengan Samudera Hindia. Pantai yang ada di desa Sawarna jumlahnya tidak hanya satu, dan yang paling populer tentu saja Pantai Pasir Putih Ciantir Sawarna.

Pantai Ciantir Sawarna, via instagram
Pantai Ciantir Sawarna, via instagram

Pantai Pasir Putih Ciantir Sawarna atau lebih populer disebut Pantai Ciantir saja adalah pantai berpasir putih bersih dengan bibir pantai yang cukup panjang. Pantai ini menjadi surga para peselancar. Banyak penginapan di sepanjang jalan menuju ke pantai ini yang tersedia untuk wisatawan yang mau menginap. Biaya masuk ke pantai yang keren ini hanya Rp5.000 per orang lho.

2. Pantai Tanjung Layar

Sedikit dijelaskan di awal bahwa desa Sawarna yang ada di kecamatan Bayah memang mempunyai sederet pantai keren yang letaknya berdekatan. Jika Pantai Ciantir mempesona lewat pasir putihnya maka pantai yang berikut ini mempesona lewat gugusan karangnya.

Pantai Tanjung Layar, via instagram
Pantai Tanjung Layar, via instagram

Adalah Pantai Tanjung Layar, sebuah pantai dengan landmark batu karang tinggi yang berbentuk seperti layar. Pantai ini punya ombak besar khas pantai selatan Jawa. Cara paling keren mengabadikan momen di Pantai Tanjung Layar adalah dengan datang di kala senja, sunset dari pantai ini luar biasa menggoda.

3. Pantai Karang Bokor

Butuh lebih dari satu hari untuk mengunjungi tempat wisata pantai yang ada di desa Sawarna, kecamatan Bayah, kabupaten Lebak. Selain Pantai Ciantir dan Tanjung Layar, wisatawan juga wajib mendatangi Pantai Karang Bokor yang letaknya tidak jauh dari dua pantai yang sudah disebutkan di awal.

Pantai Karang Bokor, via instagram
Pantai Karang Bokor, via instagram

Di Pantai Karang Bokor ada sebuah karang besar di tengah laut yang menjadi ikon. Karang tersebut saat pasang tinggi akan dihempas oleh gelombang laut sehingga menghasilkan suara yang menggelegar. Inilah tempat yang pas jika kamu mau melihat betapa dahsyatnya ombak pantai selatan.

4. Kebun Teh Cikuya

Traveler yang tinggal di Banten tidak perlu lagi pergi ke puncak jika mau menikmati wisata perkebunan teh. Pasalnya kini di kabupaten Lebak tepatnya di Kampung Cikuya, Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber telah dibuka kebun teh seluas 120 hektar yang begitu keren. Berasa seperti di Puncak saja.

Kebun Teh Cikuya, via instagram
Kebun Teh Cikuya, via instagram

Traveler menyebutnya dengan kebun teh Cikuya, sebuah kawasan perkebunan teh di ketinggian 750-1200 mdpl yang dikelola oleh PT. Harendong Green Farm sertifikasi USDA (USA), IMO (Swiss), JAS (Japan), dan Indonesia Agriculture. Meski baru 40 hektar yang dikelola tapi wisatawan sudah bisa berkunjung dan menikmati keindahan perkebunan teh ini.

5. Curug Munding

Kabupaten Lebak yang letaknya berdekatan dengan kota-kota besar di Jawa Barat serta DKI Jakarta menjadikannya alternatif wisata yang pas untuk menyepi. Apalagi di daerah ini banyak pilihan tempat wisata bertema alam yang masih sepi pengunjung.

Curug Munding, via instagram
Curug Munding, via instagram

Salah satu tempat yang wajib traveler kunjungi untuk menikmati alaminya suguhan alam adalah Curug Munding. Curug ini berada di desa Cicaringin, kecamatan Gunungkencana. Lokasi curug ini masih lumayan tersembunyi, jadi belum banyak traveler yang datang ke lokasi. Nama curug ini juga sangat unik, dalam bahasa setempat Munding berarti kerbau, konon zaman dahulu ada kerbau yang melompat dari atas air terjun sehingga dipilihlah Munding sebagai nama curug eksotis ini.

6. Pantai Bagedur

Jangan hanya terpaku dengan menyambangi pantai-pantai yang ada di kecamatan Bayah saja, beralihlah ke kecamatan Malingping di sana juga ada pantai yang tengah naik daun. Pantai tersebut bernama Pantai Bagedur, nikmati pemandangan lepas dan luas pantai selatan Lebak ini.

Pantai Bagedur, via instagram
Pantai Bagedur, via instagram

Pantai Bagedur menyuguhkan pemandangan yang lepas sebab tempat wisata ini punya garis pantai yang sangat panjang sekitar 15 kilometer. Jadi tidak perlu khawatir rebutan tempat bermain meski di puncak kunjungan wisatawan. Pantai Bagedur telah dilengkapi dengan fasilitas seperti bermain ski dan banana boat.

7. Curug Ciporolak

Lanjut ke desa Hegarmanah atau Lebakpicung, kecamatan Cibeber, kabupaten Lebak. Di daerah ini tersimpan satu permata tersembunyi dalam bentuk air terjun bernama Curug Ciporolak. Suasana di curug ini sangat sejuk dan terkesan dingin, airnya saja selalu stabil di suhu kurang dari 15 derajat Celcius.

Segarnya lingkungan sekitar dan dinginnya air Curug Ciporolak lantaran tempat wisata ini berada di daerah pegunungan yang masih asri. Ciporolak sendiri berasal dari kata ngaborolak yang berarti berjatuhan atau reruntuhan. Ini merujuk pada batu-batu kecil yang jatuh dari atas tebing terbawa arus air yang deras. Hati-hati kalau mandi di bawah air terjun langsung ya.

8. Curug Kumpay

Curug Kumpay merupakan salah satu air terjun cantik di kampung Kumpay, Kecamatan Sajira, Kabupaten Lebak. Curug ini letaknya berada di atas gunung di dalam hutan sehingga jika mau ke sana sebaiknya membawa pemandu warga sekitar agar tidak tersesat.

Curug Kumpay, via instagram
Curug Kumpay, via instagram

Curug Kumpay terkenal dengan cerita mistisnya dan juga dijadikan sebagai tempat untuk melakukan ritual tertentu. Konon setiap ada sampah di lokasi, besoknya benda-benda tak diinginkan tersebut hilang dengan sendirinya. Itulah yang menyebabkan tempat ini selalu bersih. Tapi jangan jadikan ini sebagai alasan untuk nyampah sembarangan, ya!

9. Gua Lalay

Meski terdapat lebih dari satu gua di kabupaten Lebak tapi ada satu yang wajib traveler kunjungi yaitu Gua Lalay. Gua ini berada tidak jauh dari pantai-pantai eksotik di desa Sawarna lebih tepatnya berada di kampung Cipanas.

Menyusuri gua ini traveler diajak berpetualang ke level selanjutnya sebab Gua Lalay sistem sungai bawah tanah sehingga satu-satunya cara menyusuri gua ini adalah dengan menyeberangi sungai tersebut. Jarak paling aman yang disarankan pemandu setempat adalah 150-250 meter dari mulut gua.

10. Kampung Baduy

Kalau sudah memutuskan wisata di kabupaten Lebak jangan lupa untuk mampir ke Kampung Suku Baduy yang terletak di kecamatan Leuwidamar. Di sini kamu akan belajar bagaimana suku ini berhasil mempertahankan adat istiadat dari nenek moyang hingga kini tanpa tersentuh arus modernisasi.

Kampung Baduy, via instagram
Kampung Baduy, via instagram

Suku Baduy sendiri dibagi menjadi beberapa golongan, untuk keperluan wisata umumnya traveler akan diarahkan untuk mengunjungi Suku Baduy Luar yang sudah biasa berinteraksi dengan dunia luar dan lebih terbuka dengan kedatangan orang asing. Disarankan untuk menggunakan pemandu saat berkunjung ke Kampung Suku Baduy, pasalnya banyak aturan dan pantangan yang berlaku di sana, salah-salah kamu bisa kena hukum adat.

Situ Cicinta, via instagram
Situ Cicinta, via instagram

Situ Cicinta ini bisa dijangkau dengan mudah karena lokasinya terletak di dekat Stasiun Maja, tidak jauh dari kawasan Rangkas Bitung. Di sinilah kamu bisa bermain air layaknya si Bolang sungguhan sekalian menikmati pemandangan alam sekitarnya.

12. Curug Kanteh

Satu lagi air terjun di kabupaten Lebak yang sayang dilewatkan, Curug Kanteh. Curug ini bisa traveler jumpai di alam desa Cikatomas, kecamatan Cilograng yang berjarak sekitar 149 kilometer dari pusat kabupaten. Tentu butuh waktu lebih dari 3 jam untuk tiba di lokasi.

Curug Kanteh, via instagram
Curug Kanteh, via instagram

Durasi tersebut belum ditambah waktu yang dibutuhkan untuk jalan kaki menyusuri pematang sawah, membelah hutan dan mendaki perbukitan. Tapi tenang usaha ekstra akan terbayar tuntas saat tiba di hadapan curug setinggi 80 meter ini. Pemandangan alam super indah, masih perawan yang jarang dijumpai akan secara eksklusif traveler nikmati. (berbagai sumber)

scroll to top