Close

Bahayanya Limbah Air Domestik, Perhatikan ini

Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi melakukan sosilisasi penertiban jasa usaha pengangkutan air limbah domestik kepada para pengusaha angkutan limbah domestik, di Aula Nonon Sontoni, Selasa (29/10/19)

TOPTIME.CO.ID, KOTA BEKASI – Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kota Bekasi melakukan sosilisasi penertiban jasa usaha pengangkutan air limbah domestik kepada para pengusaha angkutan limbah domestik, di Aula Nonon Sontoni, Selasa (29/10/19)

Kepala Disperkimtan Kota Bekasi Jumhana Lutfi pada saat membuka kegiatan tersebut mengatakan agar perumahan permukiman yang ada di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi berjalan dengan baik sesuai dengan kaidah-kaidah kehidupan yang nyaman dan tata kelola dengan baik terutama berkaitan dengan masalah limbah.

” Baik itu limbah domestik limbah non kakus atau grey water, dan limbahkakus atau black water sejenisnya, baiknya air-air tersebut, baik itu air tinja maupun air cucian  tidak terjun ke kali, baiknya itu dikelola oleh masyarakat sendiri,” tambah dia

Kata dia, kedepan misi kami bagaimana agar zero limbah, jadi artinya keluar dari rumah itu udah bersih. Jadi, kami mengemban tugas bagaiman nanti kedepan seperti itu terutama di perumahan-perumahan.

“Septic tank bagaimana nanti dikelola dengan cukup baik agar nanti tidak mencemari air permukaan, sementara air permukiman sering kita gunakan kalau ini sudah tercemar oleh limbah domestik sangat berbahaya,” katanya 

Kita mulai darimana, bisa bicara seperti itu, kedepan buang air limbah pake retribusi  harus bayar karena limbahnya di kelola oleh pemerintah 

“Mudah-mudaha pengangkutan dibuang ketempat yang seharusnya yang dikelola oleh pemerintah. Usaha atau pemerintah yang mengelola limbah air domestik dengan baik dan benar itu yang kita harapkan,” katanya.

Hari ini para pengusaha dikumpulkan dan diberikan pembekalan pengetahuan  tetang bagaimana tata cara pengangkutan dan proses perizinan.   

Sementara diakhir acara Sekretaris Disperkimtan Kota Bekasi Imas Asih mengatakan merasa senang atas terselenggaranya sosialisasi penertiban jasa usaha pengangkutan air limbah domestik. 

” Alhamdulilah acara berjalan dengan lancar dan saya sangat senang walaupun undangan yang dikirim kurang maksimal, mungkin nanti ada sosialisasi tahap kedua,” ujar Imas

Dikatakanya, Pemkot Bekasi harus tetap menyampaikan misi dari Perda NO 5 Tahun 2018 tentang pengelolaan air limbah domestik khusu untuk para pengusaha jasa angkutan air limbah domestik.

” Mudah-mudahan apa saja yang di sampaikan oleh para narasumber dan Usad Iuwash Plus yang selalu mendampingi dalam setiap program  sanitasi dan air minum semoga bermanfaat,” ucapnya

Dirinyapun berharap sebagai mitra pengelola limbah domestik semoga akan lebih baik, karena ini tanggung jawab kita semua dan tanggung jawab pemerintah maupun para pengusaha sebagai mitra selaku pengelola limbah domestik.

” Mudah-mudahan semua bisa lebih komitmen apa saja yang telah ditetapkan bahwa mewariskan lingkungan bersih dan air bersih itu yang utama karena sebagai garda terdepan pengelola limbah domestik,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara sosialisasi Kepala Bidang (Kabid) Angkutan dari Dinas Perhubungan, Kabid perizinan dari Dinas Penanaman Modal Terpadu Satu Pintu (DPMTSP,) Dinas Lingkungan Hidup (LH) dari bebeapa perwakilan Aparatur tingkat kecamatan di Kota Bekasi. (Sar)

scroll to top