Close

2000 Peserta Ikuti Tes SKD Hari Pertama Seleksi CPNS Kabupaten Bekasi

TOPTIME.CO.ID, BANDUNG – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi dimulai hari ini, Jum’at (14/2).

Di hari pertama, sebanyak 2.000 peserta mengikuti SKD yang digelar di Telkom University Convention Hall Tuch, Bandung – Jawa barat.

“Hari ini tanggal 14 Februari 2020 terbagi menjadi 2 sesi yaitu sesi III dan IV dan selanjutnya pada tanggal 15 dan 16 Februari akan terbagi menjadi 5 sesi. Setiap sesi akan berlangsung selama 90 menit, dan para peserta diwajibkan hadir 90 menit sebelum jam ujian dimulai,” kata Alisyabana saat ditemui dalam wawancaranya.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Bekasi, Alisyabana mengungkapan seluruh peserta seleksi CPNS Kabupaten Bekasi mengikuti tes secara bertahap, pada tahap pertama diikuti kurang lebih 2.000 peserta yang terdiri dari 2 sesi.

Seluruh peserta tes CPNS, kata dia harus mengikuti tes dengan pengerjaan sistem tes secara komputerisasi atau Computer Assisted Test (CAT) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Tes SKD itu sendiri terdiri dari 3 tes yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Intelegensi Umum (TIU) yang seluruhnya berjumlah 100 soal dengan waktu yang tersedia setiap sesi selama 1,5 jam.
Dan mereka yang lolos dalam tes SKD ini akan diuji kembali pada Seleksi Kompetensi Bidang (SKB),” ujarnya

Selain didominasi oleh calon guru dan tenaga kesehatan, sambung Ali terdapat 15 peserta SKD untuk formasi khusus jalur disabilitas. Untuk tenaga kependidikan sebanyak 299 formasi, tenaga kesehatan sebanyak 56 formasi dan terakhir tenaga teknis sebanyak 109 formasi.

“Saya berpesan kepada peserta yang mengikuti tes SKD ini harus percaya diri dalam menjawab soal, cermat dan tenang dalam berpikir.  Semoga dapat berhasil lolos ketahap selanjutnya. Serta harapan saya tentunya semua berjalan lancar hingga selesai, dan menghasilkan ASN yang berkualitas,” pungkasnya.

Sementara itu, seorang peserta CPNS dari Kabupaten Bekasi yang mengambil formasi pengajar (Guru Pertama) Fitria Nuraini, mengaku senang karena bisa lolos tes seleksi kompetensi dasar (SKD) dengan nilai yang cukup memuaskan dan masuk Passing Grade.

“Alhamdulillah berkat usaha, doa dan ikhtiar, saya bisa mengerjakan tes SKD ini dengan lancar, yang penting harus percaya diri,” ucapnya

Dirinya juga menyampaikan beberapa tips bagi peserta CPNS lainnya agar tetap optimis agar dapat menyelesaikan soal soal ujian dan berharap lolos seleksi.

“Jangan terpaku dengan waktu, yang penting kita bisa mengerjakan soal tersebut dengan sebaik mungkin dan setotal mungkin dan insyaallah hasilnya akan maksimal,” kata Fitria. (Sar/Hms)

scroll to top